- See more at: http://muhammadagielk.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-header-blog-berjalan.html#sthash.oV0wtQzZ.dpuf

Kamis, 28 Agustus 2014



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NURUL HUDA
Jl. Kauman No.1 Tlogorejo Tegowanu Grobogan 68165
Telp. 0828-2790300 e-mail : smknurulhuda19@yahoo.co.id
 

 



KURIKULUM

SMK NURUL HUDA



Description: Description: A2
 















PAKET KEAHLIAN BUSANA BUTIK
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LEMBAR PENGESAHAN

Setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah dan diketahui Dinas Pendidikan Provinsi, dengan ini Kurikulum  SMK Nurul Huda Tlogorejo Tegowanu Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015 ditetapkan/disahkan untuk diberlakukan.

                                                            Ditetapkan di             :   Purwodadi
                                                            Tanggal                      : 14      Juli  2014
                                                           

Komite SMK Nurul Huda


........................................
Kepala SMK Nurul Huda


NUR JIADI S.Pd, M.Si
NIP.





Mengetahui:
a.n. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Kepala Bidang Pendidikan Menengah,



Dra. AUFRIDA KRISWATI
Pembina Tingkat I
NIP. 19580521 198403 2 002











KATA PENGANTAR

Segala puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada segenap warga SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec.Tegowanu Kab. Grobogan sehingga Penyusunan  Kurikulum di SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan sebagai implementasi Kurikulum 2013 dapat diselesaikan dengan baik.  Sekolah harus terus menerus melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan sekolah di masa yang akan datang. Perubahan yang dinamis diantisipasi dengan melakukan revisi Kurikulum setiap tahunnya. Dengan paradigma ini diharapkan Kurikulum di SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan selalu mampu mengikuti tuntutan perkembangan masyarakat dan tantangan era globalisasi.
Penyusunan Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan ini mengacu pada ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.
Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Selain itu, Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan ini mengacu pada Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 dan Permendikbud Nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi,
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 dan Permendikbud Nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Permendiknas Nomor 2004 Tahun 2006 jo Permendiknas nomor 6 Tahun 2007 tentang pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, serta Pedoman Penyusunan KTSP yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan ini disusun sebagai penguatan visi, misi, tujuan, struktur program, muatan kurikulum, pengembangan diri, kalender pendidikan, dan masalah teknis lainnya, khususnya silabus dan Rencana Program Pengajaran (RPP) setiap mata pelajaran, pada tahun ini didepakati tentang penguatan kurikulum pada pembelajaran mata pelajaran pokok dan penguatan pada kompetensi akademik yang mengarah pada kompetsi keilmuan dan non akademik.
Keberhasilan melakukan review ini berkat dukungan seluruh stackeholders sekolah. Oleh karena itu, ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam berbagai hal sehingga kita dapat mewujudkan Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan lebih komprehensif. Ucapan terima kasih yang sangat dalam kepada seluruh pihak yang bekerja keras memberi kontribusi penyelesaian Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan ini baik secara langsung maupun tidak langsung.  Segala kritik dan saran sangat dibutuhkan dari semua pihak demi sempurnanya Kurikulum SMK Nurul Huda Tlogorejo Kec. Tegowanu, Kab. Grobogan pada waktu yang akan datang. Atas perhatian semua pihak diucapkan terima kasih.
                                                                                   




                                                                                    Tegowanu,    Juli 2014
                                                                                    Kepala SMK Nurul Huda

                                                                       

                                                                                   NUR JIADI S.Pd, M.Si











DAFTAR ISI

Halaman Judul....................................................................................................... i
Lembar Penetapan................................................................................................. ii
Kata Pengantar...................................................................................................... iii
Daftar Isi............................................................................................................... iv
BAB I.   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.......................................................................................... 1
B.     Karakteristik Kurikulum 2013................................................................... 3
C.     Tujuan Kurikulum..................................................................................... 4
D.    Pengembangan Kurikulum di SMK Nurul Huda Tegowanu  ..................4
E.     Landasan Pengembangan Kurikulum........................................................ 6
F.      Tujuan Pengembangan.............................................................................. 6
BAB II. VISI, MISI DAN TUJUAN           
A.    Visi Sekolah.............................................................................................. 10
B.     Misi Sekolah.............................................................................................. 10
C.     Tujuan Pendidikan Nasional..................................................................... 10
D.    Tujuan Pendidikan Menengah................................................................... 10
E.     Tujuan SMK Nurul Huda Tegowanu......................................................10
F.      Tujuan Kompetensi Keahlian. .................................................................. 11
BAB III.  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM  
A.    Kerangka Dasar ........................................................................................ 12
B.     Struktur Kurikulum .................................................................................. 15
C.     Struktur Kurikulum SMK Nurul Huda Tegowanu  ................................17
D.    Penjurusan di SMK Nurul Huda Tegowanu  .........................................17
E.     Muatan Kurikulum ................................................................................... 18
F.      Pengaturan Beban Belajar ........................................................................ 20
G.    Kompetensi Dasar .................................................................................... 21
H.    Kegiatan Ekstrakurikuler .......................................................................... 22
I.       Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)........................................................ 22
J.       Kanaikan Kelas dan Kelulusan .............................................................25
K.    Penjurusan ................................................................................................ 26
L.     Pendidikan Kecakapan Hidup.................................................................. 26
M.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global................................ 27
BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN
A.    Alokasi Waktu .......................................................................................... 29
B.     Penetapan Kalender Pendidikan ........................................................... 29
BAB V.                                                                                                                  PENUTUP ....................................................................................                             33
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar